Jajak Pendapat

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini?

View Results

Loading ... Loading ...
Statistik
Pengunjung : 4577
Hari ini : 11
User Online : 0
Pengunjung online : 1
Agenda
December 2018
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

UAD Bangun Labschool di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan

YOGYA (KRjogja.com) – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta membangun sekolah laboratorium (labschool) di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Keberadaan labschool ini bertujuan untuk semakin memfokuskan upaya UAD pada pengembangan sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Rektor UAD, Dr. Kasiyarno M.Hum menuturkan, UAD menyadari makin berkurangnya kader pemimpin karena mutu SDM yang dapat dikatakan tidak mumpuni. Karenanya, melalui sekolah Muhammaduyah, UAD berkeinginan mencetak lebih banyak calon pemimpin berkualitas.

“Diharapkan sekolah-sekolah Muhammadiyah mampu menjadi sekolah unggulan dan bisa bersaing dengan sekolah lain yang selama ini telah unggul di DIY,” ujarnya di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan,  Selasa (2/7).

Menurutnya, pengembangan labschool tersebut merupakan rangkkaian dari MoU antara UAD dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman yang sudah dirintis dalam kurun waktu dua tahun belakangan.

“Selanjutnya, pola pengelolaan dan pengembangan labschool ini akan terus dimatangkan bersama di bawah koordinasi Pusat Studi Pengembangan Mutu Sekolah (PSPMS) UAD,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala PSPMS Muhammad Joko Susilo menambahkan, pencanangan labschool UAD sebenarnya berangkat dari keprihatinan dan kebutuhan baik oleh UAD maupun PDM Kabupaten Sleman terhadap kondisi belum adanya pertautan antar Amal Usaha Muhammadiyah yang berjalan tidak sinergis, elaboratif dan kolaboratif.

“Selama ini pengembangan yang dilakukan hanya sebatas aspek fisik, namun tidak diimbangi dengan pengembangan karakter dan mental. Melalui labschool tak hanya pengembangan sekolah unggul Muhammadiyah yang mampu dicapai, tapi juga mampu meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidikan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran,” imbuhnya. (Aie)